Blog bertopik

Pengen meniru blognya Pak Mohler ah, tapi bakal ngambilnya dari media-media lokal. Mari mulai.

Universitas Dipenogoro menyiapkan diri berkembang menjadi universitas riset, seperti yang diberitakan di Media Indonesia.

Rektor Undip Prof Ir Eko Budihardjo MSc di Semarang, Senin menegaskan, tidak ada pilihan lain bagi perguruan tinggi sekelas Undip untuk bisa berkembang lebih pesat, kecuali menjadi universitas riset (research university).

Menurut dia, Undip tidak bisa terus-menerus terpaku pada fungsinya mendidik mahasiswa (education university) tingkat sarjana dan diploma yang selama ini sudah dilakukan dengan baik oleh Undip.

Tentunya, sudah merupakan rahasia umum mengapa universitas di Indonesia tidak pernah melakukan riset adalah masalah dana. Mengenai ini Prof Eko berkata, “Memang benar, untuk menjadi universitas riset, butuh dukungan banyak dana. Tapi kalau dana selalu dipersoalkan, lantas kapan Undip berkembang menjadi universitas riset.”

Sip banget, memang sih sangat idealis, tapi aku percaya, ini merupakan hal yang benar untuk dilakukan. Suatu universitas, tanpa riset, mati. Jangan lupa dimuridkan ya Pak penerusnya, agar memiliki idealisme yang sama.

Leave a comment