Nec Tamen Consumebatur

1. Lambang ini adalah emblem dari Church of Scotland. Digunakan pertama kali oleh George Mossman ketika ia menggunakan hal ini dalam halaman judul The Principle Acts of the General Assembly yang dicetaknya pada tahun 1691. Dari tahun ke tahun berbagai macam desain logo digunakan, misalnya pada tahun 1930 menggunakan logo di sebelah kiri yang didesain oleh D. Y. Cameron, dan pada tahun 1939 mulai menggunakan logo yang di sebelah kanan.

2. Bahasa Latin yang digunakan dalam lambang yang dibuat oleh Mossman kira-kira diterjemahkan demikian: Nec: tidak; tamen: walaupun; consumebatur: terbakar, i.e., nec tamen consumebatur: walaupun [menyala, semaknya] tidak terbakar. Kata-kata ini merujuk kepada peristiwa di Kitab Keluaran dimana Musa melihat semak yang menyala namun tidak terbakar (Kel 3.1-10).

3. Mossman sendiri bukan orang pertama yang menggunakan ide ini. Umat Reformed di Perancis dan Belanda telah menggunakannya terlebih dahulu. Konteks penggunaan oleh Mossman mungkin untuk merayakan berakhirnya penderitaan gereja pada tahun 1689 ketika akhirnya konflik antara kaum monarki dengan kaum parlementer berakhir.

4. Calvin sendiri memaknai ‘semak yang menyala namun tidak terbakar’ ini sebagai representasi umat Allah – gereja yang menderita di sepanjang abad dan tempat namun tidak akan musnah karena dijaga oleh kesetiaan Allah, walau boleh dibilang tidak ada jejak pasti yang dapat ditelusuri mengenai apakah pendapat Calvin ini memiliki pengaruh terhadap Mossman dalam mendesain emblem ini.

5. Lambang ini kemudian digunakan oleh berbagai gereja Presbyterian derivatif dari Church of Scotland, misalnya, Presbyterian Church in Singapore, Gereja Presbyterian Malaysia, dst.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s