Inilah dia

Kej 2.18-25

Yang menarik dari perikop singkat ini adalah bagaimana sang penulis menyajikan bagaimana sang manusia itu diperhadapkan dengan dua situasi: pertama dengan berbagai macam hewan dan kemudian dengan perempuan. Struktur kedua situasi ini paralel dan berkorespondensi satu-satu, namun, yang lebih penting lagi, ada kontras antara keduanya.

Kontras pertama adalah dari mana Tuhan membentuk berbagai macam hewan dan perempuan; jika berbagai macam hewan dibentuk dari tanah, maka perempuan dari rusuk yang diambil dari manusia itu.

Kontras kedua adalah respon manusia itu ketika Tuhan membawa berbagai macam hewan dan perempuan ke hadapannya untuk diberi nama. Manusia itu taat dalam kedua situasi ini. Ia menamai baik berbagai macam hewan dan perempuan. Namun ada yang kontras.

Terhadap binatang, hanya dituliskan sambil lalu saja: “Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan.”

Terhadap perempuan, responnya penuh dengan excitement. Manusia itu berkata dengan kata-katanya sendiri, berbeda dengan ketika ia memberi nama kepada berbagai macam hewan, yang hanya dikisahkan dari mulut sang narator saja. Dan ia berkata: “Inilah dia! Tulang dari tulangku, daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.” Perkataannya ini, kontras dengan ‘diamnya’ manusia itu sebelumnya ketika ia memberi nama kepada berbagai macam hewan.

Jadi, sang penulis tidak bermaksud untuk menyetarakan berbagai macam hewan dengan perempuan ketika ia menggunakan struktur yang paralel dalam mengisahkan bagaimana manusia menamai keduanya, namun justru sebaliknya. Struktur yang paralel dengan isi yang kontras ini digunakan untuk meng-highlight keunikan perempuan jika dibandingkan dengan berbagai ciptaan yang lain.

Perempuan ini; khusus dan spesial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s