melkisedek dan raja sodom

Kej 14.1-24

“Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.” (Kej 14.18) Ia muncul tiba-tiba dalam narasi yang sedang berlangsung saat itu, dimana di ayat 17 dikisahkan bagaimana raja Sodom menyongsong Abraham setelah Abraham berhasil mengalahkan raja Elam dan para raja yang bersama-sama dengan dia (14.1-16). Yang dilanjutkan dengan ay. 18-20 yang mengisahkan bagaimana Melkisedek bertemu Abraham, sebelum dilanjutkan lagi dengan ay. 21-24 yang mengisahkan bagaimana raja Sodom bercakap-cakap dengan Abraham.

Kisah raja Sodom dengan Abraham ini perfectly fine jika kisah Melkisedek dengan Abraham tidak ada, bahkan malah lebih halus alurnya: “…maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. Berkatalah raja Sodom itu kepada Abram:…” (Kej 14.17, 21). Yang mungkin mengindikasikan ada beberapa lapisan redaksional di dalam perikop ini, dengan kisah Melkisedek mungkin ditambahkan di antara kisah raja Sodom dan Abraham ini sesudahnya.

Walau, di sisi lain, teknik penceritaan model sandwich ini juga dimungkinkan, dengan Injil Markus sebagai contohnya, mis. bagaimana kisah Yesus menyembuhkan seorang perempuan yang sakit pendarahan memotong dan berada di tengah-tengah kisah Yesus membangkitkan anak Yairus (Mrk 5.21-43; Yesus menyembuhkan perempuan di ay. 25-34, Yesus membangkitkan anak Yairus di ay. 21-24 dan 35-43).

Penghubung antara kisah Melkisedek dengan kisah raja Sodom sendiri ada beberapa. Pertama, mengenai ‘raja’ itu sendiri. Raja Sodom menyongsong Abraham ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. Dan Abraham bertemu dengan dua raja di Lembah Raja: Melkisedek, raja Salem (Melkisedek = raja kebenaran, raja Salem = raja damai sejahtera; bdk. Ibr 7.2), dan raja Sodom itu sendiri.

Kedua, frase ‘Allah yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi’, yang digunakan sang narator di ay. 18, Melkisedek kepada Abraham di ay. 19 dan oleh Abraham kepada raja Sodom di ay. 22.

Di sisi lain, ada kontras antara kedua raja ini. Melkisedek memberkati Abraham dan Abraham dengan sukarela mempersembahkan sepersepuluh dari semuanya yang diperolehnya setelah mengalahkan raja Elam dan raja-raja yang lain. Sementara raja Sodom meminta kepada Abraham untuk mengembalikan orang-orang yang telah dirampas oleh raja Elam dari Sodom, namun juga bahwa Abraham boleh menyimpan segala harta benda yang diperolehnya dari raja Elam dkk. Mungkin Melkisedek memang adalah antitype dari raja Sodom. Jika Sodom pada akhirnya nanti akan dihakimi dan menjadi simbol kutuk, maka Melkisedek merepresentasikan berkat.

Yang sebenarnya semakin membuat figur Melkisedek ini menjadi lebih misterius. Raja Sodom mungkin memiliki hak atas berbagai hal yang berhasil dirampas Abraham dari raja Elam dkk, namun bagaimana dengan Melkisedek sampai-sampai Abraham mempersembahkan sepersepuluh dari semuanya kepada Melkisedek? Jawabannya mungkin terletak pada bagaimana Melkisedek sendiri adalah seorang ‘imam Allah Yang Mahatinggi’, dan persembahan memang sepatutnya diberikan kepada seorang imam, i.e., jika kita menganut hipotesa dokumenter Wellhausen, bagian ini adalah bagian P (Priest), yang ditulis oleh imam-imam yang menganut teologi keimaman yang kuat. Namun jawaban ini tidak sepenuhnya memuaskan. Figur Melkisedek tetaplah misterius dan mengundang pertanyaan: siapakah dia?

Karena itu pula mungkin penulis kitab Ibrani sebenarnya hanya menggunakan pandangan umum di antara orang Yahudi saat itu mengenai Melkisedek, yaitu bagaimana ‘ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan…’ (Ibr 7.3) Kemunculannya sendiri dalam kisah ini mengindikasikan hal tersebut. Melkisedek muncul really out of nowhere, ‘tidak berbapa, tidak beribu’, seperti tidak ada asal-usul — di dalam kitab Kejadian, kitab yang mengisahkan tentang asal-usul dan riwayat dan daftar keturunan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s