ibu dan anak

Aku sampai di gereja lima belas menit sebelum ibadah dimulai. Saat itu ruangannya sudah hampir penuh. Aku menemukan sebuah tempat duduk yang kosong di belakang. Dan aku pun duduk di sana.

Ibadahnya khusyuk; nuansa Natal sangat kental disana.

Lagu-lagunya, aku suka sekali.

Khotbahnya sederhana namun mencerahkan, sama seperti Natal mula-mula itu sendiri. Penuh dengan kesederhanaan, namun justru disanalah kemuliaan Allah dinyatakan.

Atau, ketika kami menyalakan lilin sambil menyanyikan lagu O Holy Night. Indah.

Atau, seorang bapak yang bertanya sambil tersenyum kepadaku ketika kantong persembahan diedarkan, “Tinggal dimana?” Lagi dan lagi, pulang ke Indonesia selalu menyadarkanku bagaimana Singapura dapat mendinginkan hati. Aku membalas senyumannya, dengan sedikit terpaksa, dan menjawab pertanyaan bapak tersebut.

Dan, akhirnya, momen yang paling berkesan bagiku malam tadi. Yaitu, seorang ibu yang datang dengan anaknya.

Mereka datang sekitar setengah jam setelah ibadah dimulai. Saat itu ruangannya sudah penuh sekali. Ibu itu bertanya kepadaku, “Masih bisa satu tempat lagi?” Aku pun mengiyakan dan kami pun duduk berdempet-dempetan. Ibu itu pun duduk, memangku anaknya. Kemudian, ia menggenggam tangan anaknya, mengatupkannya, lalu mulai berdoa. Keduanya memejamkan mata, dan ibu itu berdoa dengan berbisik di telinga anaknya. Dan aku sangat tersentuh ketika melihat hal tersebut. Ada damai disana.

Tidak sampai dua jam sebelum ibadahnya berakhir. Sungguh damai hati ini ketika aku keluar dari ruangan tersebut. Kesederhanaan iman yang aku lihat dari sekelilingku, sungguh menjadi inspirasi.

Selamat Natal.

2 thoughts on “ibu dan anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s