exhortation to the colossians

Kol 3.16-4.6

1. The more you observe, the more also you would realize that the letter of Paul to the Colossians have many similarities with his letter to the Ephesians, especially the exhortation part.

2. Ini dimulai dengan Kol 3.16-17, yang paralel dengan Ef 5.19-20, dimana Paulus mengajak umat di Kolose dan Efesus untuk mengajar, menegur, dan berkata-kata satu sama lain dalam mazmur, kidung pujian, dan nyanyian rohani, serta untuk mengucap syukur atas segala sesuatu dalam nama Tuhan Yesus.

3. Yang diikuti oleh berbagai aturan relasional di dalam rumah tangga di Kol 3.18-4.1 dan Ef 5.22-6.9 (atau 5.21-6.9?).

4. Dan dilanjutkan dengan nasehat untuk bertekun di dalam doa, yaitu di Kol 4.2-4 dan Ef 6.18-20, supaya ‘kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan’ (Kol 4.3), atau supaya ‘dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil, yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan.’ (Ef 6.19-20)

5. Kepada jemaat di Kolose, Paulus menasehati mereka untuk hidup dengan penuh hikmat dan mempergunakan waktu yang ada (Kol 4.5). Hal ini serupa dengan nasehat Paulus kepada jemaat di Efesus, yaitu di Ef 5.15-16: jangan seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada.

6. Akhirnya, Paulus menutup serangkaian nasehatnya kepada jemaat di Kolose ini dengan sebuah nasehat agar hendaknya kata-kata jemaat di Kolose penuh kasih dan jangan hambar (Kol 4.6). Di dalam suratnya kepada jemaat di Efesus, hal ini terdapat di Ef 4.29: janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s