ia mengambil roti

Kis 27.35

Dalam perjalanannya ke Roma, kapal yang ditumpangi oleh Paulus mengalami banyak masalah dan semua orang sudah kehilangan harapan untuk selamat (27.20). Di saat seperti itulah Paulus… mengajak semua orang untuk makan. Sudah dua minggu mereka menahan lapar dan tidak makan apa-apa. Karena itu Paulus menasehati mereka, supaya mereka makan dahulu: ‘Hal itu perlu untuk keselamatanmu. Tidak seorang pun di antara kamu akan kehilangan sehelai pun dari rambut kepalanya.’ (27.34) Kemudian, Lukas menulis demikian.

Sesudah berkata demikian, ia mengambil roti, mengucap syukur kepada Allah di hadapan semua mereka, memecah-mecahkannya, lalu mulai makan. (27.35)

Ekspresi ini akan membawa benak kita kepada praktek perjamuan makan (yang akan berkembang menjadi Perjamuan Kudus) yang dilakukan oleh jemaat mula-mula saat itu. Kita bisa membandingkannya dengan apa yang ditulis dalam dokumen Lukas sendiri seperti di Injilnya, ‘Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.’ (Luk 22.19)

Ataupun di Kisah Para Rasul sendiri seperti di 2.42, ‘mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa’ ataupun di 20.7, ‘ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti.’ Dan, akhirnya, dengan yang ditulis oleh Paulus sendiri dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, demikian, ‘Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya…’ (1 Kor 11.23-24)

Salah satu hal yang dapat diobservasi dengan cukup mudah adalah pola (1) mengambil roti, (2) mengucap syukur, dan (3) memecah-mecahkan roti. Namun, yang lebih menarik di kisah kapal yang ditumpangi Paulus ini adalah Paulus melakukan hal tersebut di sebuah kapal yang berisi prajurit-prajurit Romawi yang bukanlah orang-orang percaya saat itu, dan hal ini diekspresikan oleh Lukas dengan menggunakan bahasa perjamuan makan yang diadakan oleh jemaat mula-mula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s