aliansi dengan roma

1 Makabe 8

Adapun Yudas mendengar tentang orang-orang Roma. Mereka sangat berkuasa namun ramah terhadap semua orang yang ingin bergabung dengan mereka. Kepada semua orang yang mendekati mereka ditawarkan persahabatan. Mereka sungguh kuasa sekali (I wonder why the author needed to repeat this twice, I guess he really liked the Romans).

Yudas mendengar tentang berbagai peperangan yang dilakukan orang Roma, misalnya terhadap orang Galatia dan orang Spanyol. Berbagai raja dari ujung dunia datang menyerang orang Roma, namun mereka tetap kalah dan harus membayar upeti kepada orang Roma. Pun pula Antiokhus (IV atau V?), yang maju dengan 120 ekor gajah, pasukan berkuda, kereta-kereta perang dan banyak pasukan pun kalah oleh orang Roma. Antiokhus harus membayarkan upeti, dan menyerahkan berbagai tanahnya. Berbagai kisah ternama ini didengar oleh Yudas, yaitu mengenai bagaimana kebesaran orang-orang Roma ini.

Sebaliknya, orang-orang Roma juga memelihara persahabatan dengan semua orang yang bersandar kepada mereka. Dekat maupun jauh, berbagai kerajaan bersahabat dengan orang Roma. Barangsiapa yang hendak mereka tolong dan mereka jadikan raja, iapun menjadi raja pula dan barangsiapa yang mereka kehendaki diturunkan, iapun diturunkan pula. Penulis 1 Makabe berkomentar, ‘mereka [orang Roma] mencapai puncak kekuasaan.’ (8.13)

Bagaimanapun juga, di antara mereka tidak ada seorangpun yang memasang mahkota kerajaan di atas kepalanya atau mengenakan pakaian ungu tua untuk bermegah-megah karenanya. Orang Romawi tidak dipimpin oleh seorang raja, sebagaimana praktek pada umumnya saat itu. Sebaliknya, orang Roma mendirikan bagi diri mereka suatu dewan penasehat/Senat. Tiap-tiap hari 320 anggotanya berembuk tentang kepentingan rakyat untuk mempertahankan tata tertib. Tiap-tiap tahun pemerintahan atas mereka serta kekuasaan atas seluruh negerinya dipercayakan pada satu orang. Semua mentaati satu orang itu dan di kalangan mereka tidak ada kedengkian maupun persaingan. (It’s pretty clear that the author of 1 Maccabees really liked the Roman democracy; at that time, Rome was still a democratic republic).

Mendengar kabar ini, Yudas pun mengirimkan dua utusan ke Roma untuk mengadakan persekutuan dengan Roma. Tujuan lainnya tentunya adalah agar kuk mereka di bawah orang Yunani bisa segera dilepaskan. Yudas ingin Roma membantu mereka. Kedua utusan ini, Eupolemus dan Yason sampai ke Roma dan bertemu dengan Senat. Mereka berkata: “Yudas Makabe serta saudara-saudaranya dan segenap bangsa Yahudi mengutus kami ke hadapan kamu untuk mengadakan persekutuan dan perdamaian dengan kamu, agar supaya kamipun terdaftar juga sebagai sekutu dan sahabatmu.” Senat menyetujui permohonan ini, dan kedua pihak pun menuliskan Memorandum of Understanding yang terukir pada papan-papan perunggu sebagai tanda peringatan perdamaian dan persekutuan:

“Sejahtera hendaknya selama-lamanya orang-orang Roma dan bangsa Yahudi, baik di laut maupun di darat! Pedang dan musuh jauhlah hendaknya dari mereka!

roma-yahudi

Dengan kata-kata itulah orang Roma mengadakan persetujuan dengan rakyat Yahudi. Jika kemudian pihak yang satu atau pihak yang lain mau menambahkan atau membatalkan sesuatu, maka mereka boleh berbuat demikian dengan persetujuan kedua belah pihak. Apa yang mereka tambahkan atau batalkan akan mempunyai kekuatan hukum.

Tentang kejahatan yang ditimpakan raja Demetrius [bdk. 1 Mak 7] kepada orang-orang Yahudi telah kami menulis kepadanya sebagai berikut: Mengapa tuanku membebankan kuk berat kepada sahabat serta sekutu kami, yaitu orang-orang Yahudi? Jika mereka masih juga menyampaikan keluhan terhadap diri tuanku, niscaya kami akan membela hak mereka dan akan memerangi tuanku baik di laut maupun di darat.” (8.23-32)

Dalam keseluruhan pasal ini, penulis 1 Makabe sangat memuji orang Roma[wi], tentunya dengan latar belakang harapan bahwa lewat bantuan orang Romawi bangsa Yahudi dapat bebas dari orang Yunani. Ironisnya, sekitar seratus tahun kemudian justru Romawi-lah (yang telah menjadi kekaisaran saat itu, bukan lagi republik) yang akan merebut Yerusalem, menjajah bangsa Yahudi, dan bahkan yang kemudian akan menghancurkan Yerusalem sepenuhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s