1 makabe 3

(sekarang saatnya untuk melanjutkan seri Deuterokanonika yang belum selesai; terakhir aku berhenti di akhir pasal 2 dari kitab 1 Makabe, yaitu kematian Matatias, ayah dari Makabe bersaudara)

Pujian atas Yudas Makabe (1 Mak 3.1-9)

Era Matatias telah berakhir, era Yudas Makabe dimulai, dengan sebuah pujian terhadap dirinya, yang mungkin untuk menyimbolkan bagaimana Yudas Makabe menempati posisi ‘Raja’ saat itu.

Yudas Makabe mengalahkan Apolonius dan Seron (1 Mak 3.10-26)

Perikop ini mengisahkan bagaimana Yudas Makabe mengalahkan dua panglima perang Siria (nama lain yang digunakan untuk menyebut dinasti Seleukid), yaitu Apolonius dan Seron. Pekik Yudas Makabe akan digaungkan oleh pejuang-pejuang suci di berbagai abad dan tempat:

“Kemenangan dalam perang pun tidak terletak pada banyaknya pasukan, melainkan dari Sorgalah datang kekuatan!
Sorgalah yang akan menggempur mereka di hadapan kita! Oleh sebab itu, jangan takut pada mereka!” (1 Mak 3.19,22)

Dengan kemenangan itu, menurut sang penulis, mulailah timbul rasa segan terhadap Yudas serta saudara-saudaranya, dan bangsa-bangsa yang lain dihinggapi kebingungan. Nama Yudas juga sampai ke hadapan raja dan segala bangsa mempercakapkan pertempuran-pertempuran yang diadakan oleh Yudas. (3.25-26)

Antiokhus Epifanes menyiapkan penyerbuan ke Yudea (1 Mak 3.27-37)

Mendengar kabar tentang Yudas Makabe ini, murkalah raja Antiokhus Epifanes. Ia memutuskan untuk mengadakan peperangan dengan Yudea. Namun, ada masalah. Perbendaharaannya sudah habis. Ia kuatir tidak bisa membiayai pengeluaran-pengeluaran negerinya lagi. Karena itu, ia memutuskan untuk pergi ke Persia dahulu untuk menarik pajak dari wilayah tersebut. Ia menitipkan ibukotanya kepada Lisias (penggunaan lain dari nama ini: nama kepala pasukan yang menangkap Paulus di Yerusalem, bdk. Kis 23.26), dan juga anaknya, Antiokhus V, sampai ia kembali lagi. Ia juga menyerahkan kepada Lisias separuh pasukannya agar Lisias yang mengadakan peperangan dengan Yehuda dan Yerusalem. Antiokhus Epifanes beranjak ke Persia, Lisias akan menangani Yudea.

Gorgias dan Nikanor menyerbu Yudea (1 Mak 3.38-45)

Lisias sendiri memilih tiga orang untuk memimpin pasukan yang akan menggempur Yehuda: Ptolomeus, Nikanor (penggunaan lain dari nama ini: nama salah satu pelayan jemaat mula-mula, bdk. Kis 6.5), dan Gorgias. Mereka akan membawa empat puluh ribu pasukan berjalan dan tujuh ribu pasukan berkuda.

Di pihak yang lain, Yudas Makabe mendengar mengenai rencana penyerbuan ini. Ia pun mengumpulkan ‘himpunan rakyat untuk bersiap-siap bagi pertempuran dan untuk berdoa serta mohon belas kasihan dan rahmat.’ (3.44)

Rapat orang Yahudi di Mizpa (1 Mak 3.46-60)

Maka mereka pun berhimpun di sebuah kota yang bernama Mizpa, sebuah kota yang berhadapan dengan Yerusalem. Pada hari itu berpuasalah mereka, berpakaian karung dan menaburkan debu di atas kepalanya serta menyobek pakaiannya. Mereka juga membaca Kitab Taurat untuk menemukan apa yang ditanyakan oleh bangsa-bangsa lain kepada gambaran allah-allahnya. Kemudian, berserulah mereka ke Sorga dengan suara lantang, kata mereka:

“Harus kami apakan orang-orang ini semua dan harus kami bawa ke mana?
Sungguh, bangsa-bangsa asing telah bersekutu terhadap kami untuk menumpas kami!” (3.50, 52)

Akhirnya, Yudas mengangkat pemimpin-pemimpin rakyat, yaitu atas seribu orang, atas seratus, lima puluh, dan sepuluh orang. Serupa dengan apa yang pernah dilakukan oleh Musa. Ia juga memulangkan semua orang yang sedang membangun rumah, yang hendak kawin atau menanami kebun anggur dan juga kepada semua yang ketakutan agar mereka tidak mengikuti perang ini, sesuai dengan Ulangan 20.5-8. (bdk. juga Luk 14.15-24)

Perang siap dimulai.

“Sungguh, lebih baiklah kita mati dalam pertempuran daripada menyaksikan bencana menimpa bangsa kita serta yang kudus. Seperti yang dikehendaki Sorga, demikianpun hendaknya diperbuat oleh-Nya!” (3.59-60)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s