the elder brother

Lukas 15

Para pemungut cukai dan ‘orang-orang berdosa’ sering datang kepada Yesus untuk mendengarkan dia.

Melihat hal itu, bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, kata mereka: “Ia menerima orang berdosa dan makan bersama-sama dengan dia.”

Menanggapi perkataan ini, Yesus pun memberikan perumpamaan three-in-one: domba yang hilang, dirham yang hilang, dan anak bungsu (dan sulung?) yang hilang. Di perumpamaan yang ketiga, ketika anak bungsu yang hilang itu kembali, ayahnya mengadakan pesta untuk merayakan ‘anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali.’ (Luk 15.24, bdk. ay. 6 untuk domba, ay. 9 untuk dirham)

Melihat hal itu, sang anak sulung marah, tidak mau masuk, dan menggerutu kepada sang ayah.

Menanggapi sang anak sulung, ayahnya menjelaskan betapa selama ini sang anak sulung ‘selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu.’ Sekarang, ‘kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali.’

Dan Yesus berhenti di sini. Kita tidak tahu apakah anak sulung ini akhirnya masuk rumah dan ikut berpesta atau tidak.

Atau itu memang tujuannya. Dalam menjawab orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, dengan menggunakan perumpamaan ini Yesus bertanya balik kepada mereka, apakah mereka mau bergabung dalam ‘pesta’ yang Yesus sekarang adakan bersama para pemungut cukai dan ‘orang-orang berdosa’ ini. Yesus telah mengundang orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat untuk bergabung, sekarang giliran mereka untuk menanggapi undangan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s