.silas.

Kadang banyak ‘trivia’ di Alkitab yang baru kita sadari setelah sekian lama membacanya dan terkadang langsung menghasilkan momen-momen ‘Aha!’ yang menerangi berbagai bagian lain di sana. Bagiku sendiri, misalnya, aku baru tahu kalau Silwanus yang menjadi co-author 1 dan 2 Tesalonika itu tak lain tak bukan adalah Silas yang dikisahkan di Kisah Para Rasul 15-18. Silas nama Yahudinya, Silvanus nama Yunaninya. (seperti Saulus/Paulus: Saulus nama Yahudinya, Paulus nama Yunaninya) It really makes perfect sense.

Silas awalnya diutus bersama Barsabas untuk menemani Paulus dan Barnabas untuk menyampaikan keputusan konsili Yerusalem kepada jemaat di Antiokhia (Siria). Ketika Paulus dan Barnabas bertengkar soal Markus, mereka akhirnya berpisah. Barnabas membawa Markus, dan Paulus membawa Silas. Sesampainya Paulus di Listra (sentral Turki saat ini), ia bertemu dengan Timotius, dan membawa ia pula dalam perjalanan, dimana tujuan selanjutnya adalah Makedonia (utara Yunani saat ini). Mereka sempat pergi ke beberapa kota disana seperti Filipi dan Tesalonika, sebelum akhirnya terjadi keributan di Tesalonika yang membuat mereka harus pergi ke Selatan, lewat Berea, menuju provinsi Akhaya (selatan Yunani saat ini), dengan kota-kota utamanya Atena dan Korintus. Dalam perjalanan ke (atau ketika berada di) Korintus, mereka menulis surat kepada jemaat di Tesalonika: dari Paulus, Silwanus, dan Timotius (1 Tes 1.1, 2 Tes 1.1). Atau, sebut saja: dari Paulus, Silas, dan Timotius.

Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, Paulus menulis bahwa Yesus Sang Mesias diberitakan kepada jemaat di Korintus olehnya, dan oleh Silwanus dan Timotius (2 Kor 1.19), yang juga mengindikasikan hal yang sama dan konsisten dengan catatan di Kisah Para Rasul, dimana Silas dan Timotius pun ikut pergi ke sana, setelah datang dari Makedonia (Kis 18.5; Tesalonika berada di Makedonia), dengan tujuan, mungkin, untuk mengantarkan surat 1 Tesalonika (bdk. 1 Tes 3.6 yang mengindikasikan bahwa mungkin Silas dan/atau Timotius sempat bolak-balik ke Tesalonika sepanjang perjalanan mereka dari Makedonia menuju Korintus di Akhaya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s