.hal mengikut yesus.

Baru saja membahas mengenai keunikan Matius dan Lukas dalam menyajikan Ucapan Bahagia, kemarin kami mendengar khotbah tentang Mengikut Yesus (Mat 8.18-22 || Luk 9.57-62) dan bagaimana Matius dan Lukas juga memiliki keunikan tersendiri dalam menceritakan kisah ini. Observasi yang sederhana adalah bagaimana di Matius, yang bertanya kepada Yesus adalah seorang ‘ahli Taurat’, sedangkan di Lukas adalah ‘seorang’ (pria), menunjukkan partikularitas Yahudi Matius dan Non-Yahudi Lukas.

Kak Budi juga meng-highlight bagaimana di Matius kisah ini diapit oleh masing-masing tiga kisah mukjizat. (Mat 8.1-17, 8.23-9-8.) Set pertama memuat tiga kisah penyembuhan, dan set kedua memuat satu kisah angin ribut diredakan dan dua kisah penyembuhan.

Yang tentunya menarik adalah bagaimana ada struktur alternatif untuk menelaah kisah ini, dengan melihat bahwa setelah set tiga mukjizat yang kedua, ada kisah Matius yang mengikut Yesus. Sehingga strukturnya dapat dilihat sebagai berikut:

1. Tiga kisah penyembuhan (Mat 8.1-17)
2. Mengenai Mengikut Yesus (Mat 8.18-22)
3. Satu kisah angin ribut diredakan dan dua kisah penyembuhan (Mat 8.23-9.8.)
4. Matius Mengikut Yesus (Mat 9.9-13)

Mengenai implikasinya (mis. Matius sebagai antitesis ‘ahli Taurat’ dan orang-orang yang bertanya pada Yesus), mari kita pikirkan bersama-sama… =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s