Dilema Negara Pancasila

Indonesia merupakan negara yang sangat unik. Indonesia bukanlah negara agama ataupun negara sekuler. Hubungan agama dan negara pun juga unik. Agama tidak berada di bawah negara dan negara tidak berada di bawah agama. Masalahnya adalah, bagaimana kita mendefinisikan Indonesia dalam bentuk positif? Indonesia adalah negara apa? Jawabannya kembali lagi: Indonesia adalah negara Pancasila! Karena kepancasilaan Indonesia pula, sebenarnya tidak ada istilah agama mayoritas/minoritas di Indonesia.

Kalaupun ada istilah agama negara di Indonesia, ya kita harus menyebutkan kelima-limanya (atau enam). Negara menjamin kebebasan beragama, namun negara pula yang menentukan agama-agama mana saja yang boleh dipeluk oleh setiap pemeluknya. Inilah hubungan agama-negara yang boleh kita bilang sebagai hubungan yang Pancasilais. Selalu ada tarik-menarik antara kerukunan dan kebebasan. Kerukunan tidak boleh menghancurkan kebebasan, sebaliknya kebebasan tidak boleh mengganggu kerukunan.

Celakanya, natur Pancasila yang bukan-ini-bukan-itu jugalah yang menjadi masalah kita. Secara inheren, Pancasila tidak memberikan solusi positif, namun hanya memberikan batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar. Masalah dasar yang harus diperjuangkan bangsa Indonesia secara keseluruhan adalah bagaimana kita menggunakan Pancasila ini sebagai ideologi menuju modernisasi Indonesia. Yang terjadi sekarang malahan adalah antipati terhadap Pancasila, sebagai produk dari penyalahgunaan Pancasila sebagai asas tunggal dalam Orde Baru.

(Rangkuman singkat dari pemikiran Eka Darmaputera, dalam bagian pertama tentang Teologi Sosial dari bukunya yang berjudul Pergulatan Kehidupan Kristen di Indonesia.)

4 thoughts on “Dilema Negara Pancasila

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s